Pengembangan Pelatihan Link and Match Konsentrasi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak Pada Smk Tritech Informatika Medan
Abstract
SMK Tritech Informatika adalah salah satu SMK yang harus menjalin kerja sama dengan DU/DI, terutama pada jurusan Rekayasa perangkat lunak, Banyak guru – guru mengajar tidak melihat perkembangan pada industri sehingga saat melakukan Praktek kerja lapangan siswa – siswi banyak yang kurang paham apa yang di pelajari di industri, maka dari itu perlu di lakukan link and match antara industri dan sekolah agar kurikulum yang diajarkan disekolah dengan pihak industri itu satu tujuan dan Hubungan kerjasama ini harus dipandang oleh SMK dan DU/DI sebagai sesuatu yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Tujuan dari link and match yaitu kesesuaian antara program yang ada di SMK dengan apa yang dibutuhkan oleh DU/DI atau yang lebih dikenal dengan link and match. sehingga lulusan SMK sebagai calon tenaga kerja yang terampil dan terlatih dapat diterima dan diserap oleh DU/DI, Kerjasama antara SMK dan DU/DI dapat direalisasikan dalam beberapa bentuk kegiatan/program.
References
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Emzir, P. (n.d.). Dr. M. Pd,. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hamzah, A. (2019). Penelitian Berbasis Proyek Metode Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Batu: Literasi Nusantara.
Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.
Ayu Fitri Ela, T. S. (2021). Optimalisasi Bursa Kerja Khusus Dalam Menyalurkan Lulusan SMK Pada Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI).
Disas, E. P. (2018). Link and Match sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan, 231–242.
Irwanto. (2021). Link and Match Pendidikan Kejuruan dengan Dunia Usaha dan Industri di Indonesia, 2(2).
Johan Bintoro Arif, PH Slamet, W. (2019). Evaluation of Education Implementation of Link and Match System of the Industrial and Vocational School in Yogyakarta Province, 7(2), 216–222.
Melvin, D. M. (1984). Principles and a Philosphy for Vocational Education. Tamrin, A G, PH
Slamet, S. (2018). The Link and Match of The Demand and Supply for Productive Vocational School Teachers With Regard to Spectrum of Vocational Skills in the Perspective of Education Decentralization, 8(1), 40–52
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya. Emzir, P. (n.d.). Dr. M. Pd,. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamzah, A. (2019). Penelitian Berbasis Proyek Metode Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Batu: Literasi Nusantara.
Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.
Ayu Fitri Ela, T. S. (2021). Optimalisasi Bursa Kerja Khusus Dalam Menyalurkan Lulusan SMK Pada Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI).
Disas, E. P. (2018). Link and Match sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan, 231–242.
Irwanto. (2021). Link and Match Pendidikan Kejuruan dengan Dunia Usaha dan Industri di Indonesia, 2(2).
Johan Bintoro Arif, PH Slamet, W. (2019). Evaluation of Education Implementation of Link and Match System of the Industrial and Vocational School in Yogyakarta Province, 7(2), 216–222
Efendi, Y., Muzawi, R., & Rio, U. (2023). Pelatihan Desain Grafis untuk Meningkatkan Kreatifitas Minat Usaha Pemuda Tuah Karya Pekanbaru. J-PEMAS-Jurnal Pengabdian …, 2–7. https://doi.org/10.33372/j-pemas.v4i1.914
Satria, B., Tambunan, L., & Putra, T. N. (2023). Pemanfaatan IT Dalam Peningkatan Kompetensi Pengembangan Bahan Ajar Studi Kasus : SMKS Teknologi Industri Pinggir. J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.33372/j-pemas.v4i1.942
Copyright (c) 2023 Dedi Leman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.