Pelatihan Pembuatan Konten Video Kreatif Menggunakan Filmora 10 di STAI Hubbulwathan Duri
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di kampus STAI Hubbulwathan Duri yaitu pelatihan pembuatan konten kreatif menggunakan aplikasi filmora. Latar belakang masalah pada kegiatan ini adalah sangat minimnya video pembelajaran yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk kegiatan belajar mengajar. Selain itu, sangat sedikit pengetahuan dosen dalam menggunakan aplikasi pengolah video seperti filmora. Tujuan dari kegiatan pkm ini adalah memberikan edukasi penggunaan aplikasi Filmora dalam pembuatan video. Kegiatan pkm dilaksanakan selama 2 hari dan dihadiri oleh 27 peserta. Berdasarkan hasil sebaran angket saat kegiatan ini diperoleh hasil deskriptif yaitu 99% respon peserta menyatakan bahwa kegiatan pkm ini Memberikan tambahan pengetahuan terhadap penggunaan aplikasi, 95% respon peserta menyatakan bahwa Menyukai materi editing video, 90% respon peserta menyatakan bahwa Program aplikasi ringan dan tidak berat, 90% respon peserta menyatakan bahwa Tim PKM pelatihan bersikap ramah dan sabar, 97% respon peserta menyatakan bahwa Semoga ada pelatihan selanjutnya.
References
Benufinit, Y. A., Tanggur, F. S., Ria Pratami Malaikosa, A., Koka, L., & Modok, E. S. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI FILMORA DALAM PEMBUATAN VIDEO TUTORIAL PRAKTIKUM. JURNAL PEMIMPIN - PENGABDIAN MASYARAKAT ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 68–71.
Candro Parulian Sinaga, D., Sianipar, B., Marpaung, P., Baene, S., & Kumar, W. (2022). PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA MELALUI PELATIHAN EDITING VIDEO DI SMK YAPIM BIRU-BIRU. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 10–13.
Dzulqarnain, M. F., & Nazir, M. (2021). Dasar Editing Video Berbasis Android Untuk Kreasi Konten Media Sosial Pada Lingkungan Pelajar SMA Di Kalimantan Barat. Jurnal Inovasi & Terapan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 41–49. Retrieved from https://journal.polita.ac.id/index.php/abdi/article/view/69
Efendi, Y., Lusiana, Muzawi, R., Rio, U., & Agustin, W. (2021). Workshop Pembelajaran Revolusi Industri 4.0 Bagi Guru-guru di SMKS Amal Ikhlas. J-PEMAS STMIK Amik Riau, 3(1), 01–08.
Insani, R. W. S. (2020). Pelatihan Editing Video Pembelajaran Bagi Dosen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 17(2), 104–109. https://doi.org/10.29406/br.v17i2.2479
Lumbantoruan, G., Hutapea, M. I., Jamaluddin, Simarmata, E. R., Purba, E. N., Harianja, E. J. G., … Nababan, J. M. (2021). Pelatihan Video Recording dan Editing Video pada SMK Swasta Gelora Jaya Nusantara Medan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat METHABDI, 1(1), 1–4.
Maya Setyoningrum, V., Tandyomano, D., Tsyuroyya, T., Mutiah, & Miftakhul Huda, A. (2021). Peningkatan Kompetensi Teknologi Komunikasi untuk Lomba Virtual pada Guru Sekolah Dasar di Surabaya Melalui Pelatihan Editing Video. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Universitas Ma Chung, 1, 171–179. https://doi.org/10.33479/senampengmas.2021.1.1.171-179
Monny, M. O. E., Manurung, E. A. P., & Wardhana, G. W. (2021). Pelatihan Editing Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Filmora Bagi Guru SMA Taman Rama Jimbaran. Postgraduated Community Service Journal, 2(1), 38–41. https://doi.org/10.22225/pcsj.2.1.2021.38-41
Nurhikmah, H., & Haling, A. (2020). Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan media video di Kabupaten Sinjai. Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Makassar, 715–716.
Prima, E., Endah Poerwati, C., Indah Lestari, P., Elia Cahaya, I. M., Suryaningsih, N. M. A., & Rimpiati, N. L. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Pada Guru Tk Negeri Kintamani, Bali. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 853–858. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1325
Putro, F. H. A. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Dosen Universitas Boyolali Menggunakan Powerpoint. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(08), 108–112. Retrieved from https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/534
Copyright (c) 2022 Budy Satria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.