Penerapan Metode Saw Dalam Penentuan Penerima Bahan Pangan Bersubsidi Untuk Keluarga Miskin dengan Metode Saw

  • Gushelmi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan Bahan Pangan Bersubsudi Simple Additive Weighting(SAW)

Abstract

Sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan oleh pihak Kantor Kelurahan Air Tawar Barat Kota Padang untuk memperoleh Bahan Pangan Bersubsidi, maka diperlukan kriteria-kriteria untuk menentukan siapa yang akan terpilih untuk menerima bahan pangan bersubsidi. Pembagian bahan Pangan bersbsidi dilakukan oleh kantor Kelurahan Air Tawar Barat Kota Padang bagi warga yang kurang mampu ataupun miskin. Untuk membantu penentuan dalam menetapkan seseorang yang layak menerima bahan pangan bersubsidi maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk Sistem Pendukung Keputusan adalah dengan menggunakan SAW (Simple Additive Weighting). Pada penelitian ini akan diangkat suatu kasus yaitu mencari alternatif terbaik bedasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan dengan mengggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) untuk melakukan perhitungan metode pada kasus tersebut. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu yang berhak menerima bahan pangan bersubsidi berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu warga miskin.

References

Andriani, R., & Putra, W. (2019). The Intersection Of Marketing And Human Resources Dicipline: Employer Brand Equity As A Mediator In Recruitment Process. International Journal Of Innovative Science And Research Technology (4), 465–475.
Elistri, M., Wahyudi, J., & Supardi, R. (2014). Penerapan Metode Saw Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Seluma. Jurnal Media Infotama, 10(2).
Farhan, F. (2019). Tahapan Pengambilan Keputusan.
Hayati, F., Zulvira, R., & Gistituati, N. (2021). Lembaga Pendidikan: Kebijakan Dan Pengambilan Keputusan. Jrti (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 100–104.
Irawan, Y., & Simamora, S. O. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kegiatan Ekstrakurikuler Berdasarkan Bakat Dan Minat Menggunakan Metode Saw (Simple Additive Weighting). Jtim: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(3), 198–205.
Munawar, M. S. (2019). Analisis Dan Desain Sistem Informasi Penjualan Barang, Binatang Dan Penitipan Kucing Pada Petshop Jaya Giri Dengan Metodologi Berorientasi Obyek. Idealis: Indonesia Journal Information System, 2(5), 532–538.
Putra, I. S., Ferdinandus, F. X., & Bayu, M. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Pernikahan Dengan Metode Saw Berbasis Web. Cahayatech, 8(2), 136–149.
Ristyawan, M. R. (2018). Pengaruh Transaction Processing System Aplikasi Android Book Keeper Accounting Terhadap Decision Support System Pada Umkm Di Kota Pontianak. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 11(2), 47–56.
Rosa A. S - M. Shalahudin, Rekayasa Perangkat Lunak : 2018
Sihotang, H. T., & Siboro, M. S. (2016). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Bermasalah Menggunakan Metode Saw Pada Sekolah Smp Swasta Mulia Pratama Medan. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 1(1).
Salahuddin, M., Karanth, S., Ocazionez, D., Estrada-Y-Martin, R. M., & Cherian, S. V. (2019). Clinical Characteristics And Etiologies Of Miliary Nodules In The Us: A Single-Center Study. The American Journal Of Medicine, 132(6), 767–769.
Sarwono, D. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Program Subsidi Rastra Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw). Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(1), 40–46.
Wibowo, D. O. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Gedung Pernikahan Pada Wilayah Bandar Lampung Menggunakan Metode Topsis. Universitas Teknokrat Indonesia.
Yulyantari, L. M. (2019). Optimasi Pemanfaatan Teknologi Melalui Pelatihan Pencatatan Keuangan Pada Bagiasari Catering. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, 1(3), 78–82.
Published
2018-12-29
How to Cite
Gushelmi. (2018). Penerapan Metode Saw Dalam Penentuan Penerima Bahan Pangan Bersubsidi Untuk Keluarga Miskin dengan Metode Saw. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 4(2), 110-124. https://doi.org/10.33372/stn.v4i2.857